Skip to main content

Cara merawat Aglonema agar Subur, Tumbuh Tegap, Berdaun Tebal dan Warnanya Cemerlang

Cara merawat Aglonema agar Subur, Tumbuh Tegap, Berdaun Tebal dan Warnanya Cemerlang

Cara Merawat Aglonema Agar Subur, Tumbuh Tegap, Berdaun Tebal dan Warnanya Cemerlang

Aglonema yang subur akan membuatnya semakin menyenangkan untuk dipandang. Untuk itu diperlukan perawatan yang baik.

Perawatan yang baik akan menghasilkan Aglonema yang sehat, berdaun cerah dan cemerlang. Inilah yang membuatnya banyak diburu oleh para pecinta tanaman hias, karena pesonanya yang eksotis dan keindahannya yang terjaga.

Lalu bagaimana caranya agar tanaman Aglonema tetap subur, tumbuh tegap, berdaun menor dan cemerlang?

Berikut Ini Adalah Tips-tipsnya,

1. Tempat

Tempat yang ideal untuk pertumbuhan aglaonema adalah pada ketinggian 300 – 400 m di atas permukaan laut (dpl). Pada tempat yang ideal ini akan menghasilkan tanaman Aglaonema yang tumbuh tegap, daun tebal, warna dan corak lebih mencolok.

2. Temperatur

Temperatur optimal yang dibutuhkan aglaonema untuk pertumbuhan terbaiknya adalah 28-30 OC siang hari dan 20-22 OC pada malam hari.

Temperatur yang terlalu tinggi akan menyebabkan daun tipis dan warnanya menjadi pucat dan pudar. Perubahan temperatur yang ekstrem menyebabkan tanaman aglaonema stress dan pertumbuhan akan terganggu.

3. Kelembaban

Kelembaban 50-75% cocok untuk pertumbuhan aglaonema. Pada kisaran kelembaban ini tanaman akan tumbuh baik dan daunnya segar.

Kelembaban lebih rendah akan menyebabkan daun pucat dan layu. Sedang kelembaban yang lebih tinggi akan memicu munculnya beragam penyakit, terutama jamur.

4. Pencahayaan

Aglaonema menyukai tempat yang teduh, untuk itu intensitas sinar matahari yang dibutuhkan hanya sekitar 10-30%, karena itu Aglaonema sangat cocok untuk tanaman hias indoor. Untuk mendapatkan pencahayaan tersebut pun bisa menggunakan paranet 75-85%.

5. Sirkulasi Udara

Sirkulasi udara sangat membantu proses penguapan, terutama saat musim hujan. Sehingga kelembaban lingkungan tetap terjaga.

Sirkulasi udara yang jelek, dapat menyebabkan terganggunya proses penyerapan unsur hara. Akibatnya pertumbuhan tanaman juga terganggu. Bisa juga menggunakan kipas angin bila udara yang masuk dalam ruangan terasa tidak cukup.

6. Media tanam

Media tanam yang bagus untuk Aglaonema yaitu media tanam yang poros dan tidak tergenang air. Gunakan media tanam campuran, seperti sekam bakar, cocopeat, pakis, pasir malang, dan pupuk kompos.

7. Penyiraman

Frekuensi dan dosis penyiraman disesuaikan dengan kondisi media dan lingkungan setempat. Lakukan penyiraman dengan air yang cukup, namun tidak menggenangi media. Bila kekurangan air, pertumbuhan tanaman terhambat dan juga dapat mengurangi jumlah anakan.

8. Pemupukan

Kebutuhan nutrisi sangat penting untuk menunjang pertumbuhan. Berikan pupuk dengan kandungan N-P-K yang berimbang. Dengan cara dilarutkan dalam air lalu disiramkan. Pemberian pupuk dengan dosis rendah, namun lebih sering (dua minggu sekali) akan memberikan pengaruh pertumbuhan yang lebih baik.

9. Hama dan Penyakit

Penyakit yang sering menyerang adalah layu fusarium akibat dari jamur fusarium. Ini bisa diatasi dengan fungisida. Bila kelembaban tinggi, semprot dengan fungisida seminggu sekali. Jangan lupa untuk memperhatikan penyiraman dan jangan berlebih atau sampai menggenang.

Adapun hama yang sering menyerang Aglonema adalah ulat. Bila menemukannya, segera ambil dan matikan. Untuk pencegahan bisa disemprot dengan menggunakan insektisida sebulan sekali.

Sekian artikel ini saya buat, apabila ada kesalahan dan kekurangannya saya mohon maaf.

Terimakasih

Comments

Popular posts from this blog

tanaman hias tali busi atau kabel busi termahal terbaik

TANAMAN HIAS TALI BUSI / KABEL BUSI  (philodendron grandiflorum) PHILODENDRON  grandiflorum atau yang lebih dikenal dengan sebutan Philo Kabel Busi, tidak hanya indah karena warna hijau dan bentuk daunnya. Philo ini juga indah karena warna batangnya yang oranye kemerahan, seperti kabel busi. Warna batang membuat philo mempesona banyak orang. Sama seperti jenis philo lainnya, tanaman yang berasal dari hutan tropis ini, tidak terlalu menyukai panas matahari. Oleh karena itu, philo digolongkan sebagai indoor plant. Namun, jika Anda ingin meletakkannya di dalam rumah, jangan menyimpannya terlalu lama. Setelah tiga hari sebaiknya Anda keluarkan, agar tanaman mendapatkan cukup sinar matahari. Selain keindahan daun dan batangnya, perawatan philo juga praktis. Anda tidak perlu terlalu sering menyiramnya. Cukup dua hari sekali.  Bahkan, jika musim hujan tiba, frekwensi penyiraman boleh lebih jarang. Terlalu disiram, akar philo bisa busuk. Tipe philo kabel busi merupakan salah satu j

kuping gajah termahal terindah

KUPING GAJAH  (Anthurium) Tanaman kuping gajah memiliki daun yang berwarna hijau tua. Selain itu, tanaman hias satu ini ternyata memiliki manfaat yang baik. Kuping gajah atau yang memiliki nama latin  Anthurium  merupakan tanaman hias yang termasuk dalam keluarga  Araceae. Pada umumnya daun kuping gajah memiliki warna hijau tua dan memiliki tulang daun berwarna putih kehijauan. Panjang tumbuhan kuping gajah bisa mencapai 20-40 cm dan lebar 15-38 cm. Berikut ini ciri-ciri tanaman kuping gajah, antara lain: Ciri Ciri Tanaman Kuping Gajah Memiliki batang yang berdiri tegak, Daunnya tunggal, berpelepang, duduk dalam roset akar, Panjangnya mencapai 25-30 cm, Lebar daunnya 15-20 cm, Daunnya berwarna hijau dan berbentuk lonjong, Tulang daun menyirip serta berwarna keputih-putihan, Memiliki bentuk bunga majemok, berkelopak bulat, dan ujung batangnya berkelamin dua, Memiliki mahkota berwarna kuning, Memiliki akar  rhizoma,  dan Kuping gajah tidak bisa bertahan dibawah terik matahari